hey you..never forget where u came from!

hey you..never forget where u came from!

Kamis, 10 Oktober 2013

Format Strategi Pelaksanaan Pada Klien dengan DM



STRATEGI PELAKSANAAN (SP)
TINDAKAN KEPERAWATAN MENGGANTI BALUTAN LUKA

Nama Klien     :
No. RM            :
Diagnosa         :
Hari, tanggal   


A.     Proses Keperawatan
1.   Kondisi Klien









2.   Diagnosa Keperawatan



3.   Tujuan Tindakan Keperawatan
a.    Meningkatkan penyembuhan luka dengan mengabsorbsi cairan dan dapat menjaga kebersihan luka Mengganti balutan yang kotor dengan balutan yang bersih.
b.    Melindungi luka dari kontaminasi
c.    Membantu menutupnya tepi luka secara sempurna
d.    Menurunkan pergerakan dan trauma
e.    Menutupi keadaan luka yang tidak menyenangkan

4.   Tindakan Keperawatan
Mengganti balutan luka post.operasi di kaki kanan klien.

B.   Strategi Komunikasi
1.   Fase Orientasi
a.    Salam Terapeutik : ” Selamat pagi Bu.”
b.    Evaluasi / validasi : ”Bagaimana perasaan Ibu Ku saat ini?
c.    Kontrak : ”Baiklah Bu, sesuai janji kita kemarin, pagi ini saya akan mengganti balutan luka Ibu. Tidak lama kok Bu... Hanya tiga puluh menit, bisakan Bu? Bagaimana kalau melakukannya di ruangan ini?
d.    Tujuan :
a.    Meningkatkan penyembuhan luka dengan mengabsorbsi cairan dan dapat menjaga kebersihan luka Mengganti balutan yang kotor dengan balutan yang bersih.
b.    Melindungi luka dari kontaminasi
c.    Membantu menutupnya tepi luka secara sempurna
d.    Menutupi keadaan luka yang tidak menyenangkan

2.   Fase Kerja
“Nah Ibu, sekarang saya akan mengganti balutan luka Ibu. Tidak lama kok Bu, hanya sekitar dua puluh menit. Pertama-tama saya akan membuka balutan Ibu (sambil bekerja). Maaf Bu, saya harus mengganjal kaki ibu agar bisa lebih mudah dalam mengganti balutan. Bagaimana Bu apakah terasa sakit (membuka plester balutan)?”

“Nah, sekarang saya akan mempersiapkan alat terlebih dahulu (menyiapkan alat). Sekarang saya menggunakan sarung tangan agar sterilitas luka Ibu tetap terjaga (memakai sarung tangan steril dan melanjutkan bekerja). Maaf Bu, apakah Ibu merasakan sakit (mengecek adanya jejas di sekitar luka)? Iya Bu, Luka Ibu cukup baik”

3.   Fase Terminasi
a.    Evaluasi
-       Subyektif
”Bagaimana perasaan Ibu A setelah saya mengganti balutan Ibu?”.
-       Obyektif
§  Klien dapat menyebutkan tindakan apa yang baru saja diberikan
§  Klien dapat menyebutkan bagaimana cara menjaga balutan luka agar tetap bersih.

b.    Rencana Tindak Lanjut (RTL)
”Sekarang Ibu sudah mengetahui bagaimana menjaga balutan luka Ibu. Bisa Ibu ulangi apa yang harus dilakukan untuk menjaga balutan luka? Ya bagus sekali”.

c.    Kontrak yang akan datang
1)    Topik
”Baik Bu, nanti siang kan Ibu mau pulang, jadi nanti saya akan kembali lagi untuk menjelaskan lagi bagaimana cara menjaga area luka agar tetap bersih, agar lukanya cepat sembuh dan tidak terjadi pembesaran lukanya ya bu”
2)    Waktu
“Jam berapa Bu Kus punya waktu untuk berbincang-bincang dengan saya nanti? Bagaimana kalau setelah saya merapikan alat-alat ini?
3)    Tempat
“Nanti di ruang ini saja ya bu”.





0 komentar:

 
G R E N D A © 2008 Template by Exotic Mommie Illustration by Dapina Gucci Womens Shoe